Alasan Mengapa Bumi Tidak Terjatuh ke Matahari

mengapa bumi tidak terjatuh ke matahari opolah

Opolah~ Pertanyaan mengapa Bumi tidak terjatuh ke Matahari dan planet lainnya di tata surya tidak terjatuh ke Matahari pasti pernah melintas di kepala. Padahal, kita juga tahu bahwa Matahari mempunyai gaya gravitasi yang sangat besar.

Mungkin, seharusnya semua benda yang berada di sekitar Matahari langsung tercebur, bukan? Tetapi, bisa-bisanya malah ngorbit di sekitar Matahari. Melon saja yang kita lemparkan ke atas langsung jatuh lagi ke bawah.

Bumi juga mempunyai gaya gravitasi yang cukup besar untuk menarik semua yang ada di permukaan, juga untuk menarik Bulan dan satelit buatan manusia untuk selalu berada di orbitnya. Sama halnya dengan Matahari, Bulan tidak terjatuh ke Bumi karena suatu alasan. Lalu, bagaimana dengan penjelasannya?

Penjelasan oleh Jesse Berezovsky

Secara terus menerus sebenarnya Matahari selalu berupaya untuk menarik jatuh Bumi dan benda lainnya ke arah Matahari, tetapi upaya ini tidak pernah berhasil. Lalu, sebuah kegagalan ini lalu disebut sebagai orbit.

Matahari mempunyai gaya untuk menarik Bumi dan mempercepat pergerakan Bumi secara langsung ke arah Matahari. Percepatan ini terus terjadi, namun Bumi memiliki momentum gerak menyamping yang tegak lurus menuju ke Matahari.

Mudahnya, seiring gaya gravitasi Matahari untuk menarik jatuh Bumi ke Matahari, maka Bumi juga akan selalu bergerak ke samping. Selama gerak menyamping tersebut cukup untuk menghindari Matahari dalam upaya menarik jatuh Bumi, kemudian Bumi mengorbit Matahari bukannya jatuh kepadanya.

Bumi seharusnya akan jatuh ke arah Matahari, tetapi karena memiliki momentum gerak menyamping untuk menghindari Matahari, jadi Bumi akan selalu mengelilingi Matahari. Begitu juga dengan benda langit lainnya yang mengorbit Matahari.

Bumi dan Bulan memiliki sejumlah gerak menyamping, sehingga orbitnya hampir melingkar. Mudahnya, Bumi bergerak ke samping dengan cepat sehingga dapat mempertahankan jarak yang selalu stabil dengan Matahari.

Meskipun, Matahari dengan secara terus menerus mempercepat pergerakan Bumi secara langsung ke arahnya. Begitu penjelasan jika seorang professor di Case Western Reserve University ini dapat berbahasa Indonesia.

Bumi Bergerak dengan Kecepatan Tinggi dan Bergerak Lurus

Dalam mengorbit Matahari, Bumi bergerak dengan kecepatan cukup tinggi dan juga konstan yaitu kurang lebih 108.000 kilometer per jam. Kecepatan Bumi itu sangat perfect. Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu lambat.

Jika pergerakan Bumi terlalu cepat, maka Bumi akan minggat dari orbit Matahari. Namun jika pergerakan Bumi terlalu lambat, Bumi akan terjatuh ke Matahari. Demikian pula yang terjadi dengan Bulan dan Bumi.

Bumi dan planet lain mempunyai inersia untuk melawan gravitasi dari Matahari. Resultan gaya gravitasi Matahari dengan inersia planet menghasilkan gaya sentripetal, sehingga pergerakan planet dapat dirumuskan dengan persamaan gravitasi Newton.

Sebenarnya planet kita dan planet lainnya bergerak secara lurus. Disebabkan karena gravitasi Matahari, planet di sekitarnya menjadi bergerak melingkar mengelilingi Matahari. Persis seperti penjelasan babang Jesse Berezovsky.

Lihat Matahari di siang hari yang relatif bergerak terhadap Bumi, kita berarti telah mengamati Bumi mengorbit mengelilingi Matahari secara tidak langsung. Kita tahu bahwa planet mengorbit disebabkan gravitasi, secara tidak sengaja kita telah mengamati gravitasi.

Masih bingung mengapa bumi tidak terjatuh ke matahari?

Analogikan Matahari itu sebuah patok besi yang ditancapkan ke tanah. Bumi sebagai bola plastik dan gravitasi sebagai benang jahit. Benang jahit tersebut diikat ke bola plastik dan patok besi dengan rentang secukupnya.

Kemudian, coba tendang bola tersebut dengan tidak terlalu keras menyamping dari patok besi. Yang terjadi adalah bola plastik tersebut akan mengelilingi patok besi. Jika kita terlalu keras menendangnya akan berakibat putusnya benang jahit, tetapi jika salah arah dan terlalu lemah bisa jadi bola tersebut tertarik dan mengenai patok besi.

 

Apakah sudah menjawab pertanyaan mengapa bumi tidak terjatuh ke matahari?

2+

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *