Apa itu Barycenter?

Apa itu Barycenter
Kredit: Wikimedia

Opolah~ Beberapa media sering mengatakan bahwa planet selalu mengorbit bintang induknya, tetapi pernyataan tersebut tidak seluruhnya benar. Planet dan bintang sebenarnya mengorbit di sekitar pusat massa mereka. Pusat massa ini disebut barycenter.

Barycenter (atau barycenter: dibaca barisenter) adalah pusat massa dari dua atau lebih benda yang mengorbit satu sama lain dan merupakan titik tentang tubuh orbit. Mudahnya, barycenter adalah titik kesetimbangan dalam suatu sistem.

Titik Kesetimbangan

Setiap benda memiliki pusat massa, tepatnya pusat dari segala material yang membentuk benda tersebut. Pusat massa suatu benda adalah titik agar benda dapat seimbang. Terkadang pusat massa berada di tengah benda.

Analogikan! Kita bisa dengan mudah menemukan pusat massa dari sebuah penggaris. Cobalah mengangkat penggaris dari bawah menggunakan jarimu di beberapa titik. Kamu akan menemukan satu titik di mana titik tersebut membuatmu bisa menyeimbangkan penggaris hanya dengan satu jari. Titik itulah pusat massa penggaris.

Barycenter Pusat Massa

Pusat gravitasi penggaris. Kredit: NASA

Tetapi, terkadang pusat massa tidak selalu berada di tengah. Ini disebabkan karena beberapa bagian dari suatu benda mungkin memiliki massa yang lebih besar daripada bagian lainnya. Misalnya, sebuah palu yang sebagian besar massanya berada di dekat ujung palu, jadi pusat massanya lebih dekat di bagian ujung yang lebih berat.

Barycenter atau Pusat Massa

Pusat gravitasi palu. Kredit: NASA

Di ruang angkasa, dua atau lebih benda yang saling mengorbit juga memiliki pusat massa. Pusat massa ini berada di titik sekitar orbit. Titik ini disebut dengan barycenter yang biasanya terletak lebih dekat dengan benda dengan massa yang lebih besar.

Barycenter atau Pusat Massa

Ini juga terjadi di tata surya kita. Jika kedua benda yang mengorbit satu sama lain, keduanya akan mengorbit sebuah titik atau lokasi yang menjadi pusat massanya atau titik kesetimbangan. Pusat massa antara objek yang saling mengorbit ini yang dikenal sebagai barycenter.

Jika salah satu dari dua benda yang mengorbit jauh lebih masif darpada yang lain dan benda-benda itu relatif dekat satu sama lain, biasanya barycenter akan berada di dalam objek yang jauh lebih masif tersebut.

Dalam hal ini, kedua benda tampak mengorbit suatu titik di antara mereka, benda yang berukuran lebih kecil akan mengorbit benda yang lebih masif, sementara benda yang lebih masif mungkin akan sedikit goyah. Contohnya adalah sistem Bumi dan Bulan, di mana baricenternya terletak di rata-rata 4.671 km dari pusat Bumi.

Jika kedua benda tersebut memiliki massa yang sama, barycenter umumnya akan berada di antara mereka dan kedua benda tersebut akan saling mengorbit satu sama lain. Contohnya seperti kasus sistem Pluto dan Charon, satelit alami Pluto, serta banyak asteroid biner dan sistem bintang biner.

Jika objek yang kurang masif berada sangat jauh, barycenter dapat berada di luar objek yang lebih masig. Contohnya adalah sistem Jupiter dan Matahari. Meskipun Matahari seribu kali lipat lebih masif dari Jupiter, barycenter keduanya sedikit di luar permukaan Matahari karena jarak yang relatif jauh dan massa dari Jupiter (318 kali lipat dari massa Bumi).

Barycenter Jupiter

Barycenter Jupiter. Kredit: NASA

Barycenter Tata Surya

Lalu, di mana barycenter antara Bumi dengan Matahari? Exactly, Matahari memiliki massa yang jauh lebih besar, sedangkan massa Bumi sangat kecil. Dengan kata lain, Matahari seperti kepala palu tadi. Bisa disimpulkan, barycenter Bumi dan Matahari beradi sangat dekat dari pusat Matahari.

Seluruh anggota tata surya memiliki barycenter. Matahari, Bumi, semua planet, dan semua benda langit yang berada di tata surya mengorbit di sekitar barycenter ini, yaitu kombinasi seluruh pusat massa dari setiap benda di tata surya.

Goyangan Matahari tergolong komples karena planet yang mengitarinya lebih dari satu, sehingga setiap planet mempunyai barycenternya sendiri. Akibatnya, titik barisenter di tata surya kita  tidak berada pada lokasi yang tetap melainkan berubah-ubah.

tabel barisenter langiselatan

Tabel baricyenter tata surya. Kredit: langitselatan

Posisi barycenter tata surya terus berubah, tergantung lokasi planet saat mereka mengorbit. Barycenter tata surya bisa terletak di antara dekat pusat Matahari hingga di luar permukaan Matahari. Saat Matahari mengorbit barycenter yang terus berubah ini, Matahari terlihat “goyang” karena selalu bolak-balik memutari barycenter.

Barycenter Membantu Menemukan Eksoplanet

Mencari planet yang mengorbit bintang lain selain Mathari itu sangat sulit diamati secara langsung, karena disembunyikan oleh cahaya bintang induk. Mendeteksi goyangan bintang adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah ada planet yang mengorbit bintang tersebut.

Jika sebuah bintang diorbit oleh sistem planet, maka bintang tersebut selalu mengitari barycenter yang posisinya terus berubah-ubah. Pergerakan ini menyebabkan bintang terlihat seperti “goyang”. Efek goyangan bintang inilah yang diamati ketika mencari eksoplanet dengan kecepatan radial.

Dengan mempelajari barycenter dan menerapkan beberapa teknik lain, para astronom telah mendetekasi banyak eksoplanet. Selain eksoplanet, goyangan bintang juga digunakan untuk menemukan bintang pasangan yang sangat redup dalam sistem bintang biner.

Galeri, Sumber Wikimedia

Barycenter Wikimedia 3

Dua benda dengan perbedaan besar dalam massa yang mengorbit barycenter (mirip Bumi dengan Bulan). Kredit: WIkimedia

Barycenter Wikimedia 4

Dua benda dengan perbedaan ekstrim dalam massa yang mengorbit barycenter (mirip Bumi dengan Matahari). Kredit: Wikimedia

Barycenter Wikimedia 1

Dua benda dengan massa yang sama yang mengorbit barycenter (mirip sistem 90 Antiope ). Kredit: WIkimedia

Barycenter Wikimedia 2

Dua benda dengan massa berbeda yang mengorbit barycenter (mirip Pluto dan Charon). Kredit: WIkimedia

 

Barycenter Pluto dan Charon Wikimedia

Model skala sistem Pluto : Pluto dan lima bulannya , termasuk lokasi barycenter sistem. Ukuran, jarak, dan magnitudo yang tampak dari benda-benda tersebut harus diukur. Kredit: WIkimedia

 

 

Apakah Memusingkan?

Kredit: NASA, Wikipedia, Langitselatan

0

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *