Apakah di Luar Angkasa Ada Gravitasi

apakah di luar angkasa ada gravitasi

Opolah~ Gravitasi berarti gaya tarik-menarik antara semua partikel yang mempunyai massa di semesta. Semakin besar massa yang dimilik suatu benda, maka semakin besar pula gravitasi yang dihasilkan. Lalu, apakah di luar angkasa ada gravitasi?

Kita pasti pernah mendengar bahwa di luar angkasa tidak ada gravitasi sama sekali. Pernyataan tentang tidak adanya gravitasi di luar angkasa sangat salah kaprah. Di luar angkasa itu terdapat gravitasi, tetapi sangat lemah sehingga kita menyimpulkan bahwa luar angkasa itu mempunyai gravitasi nol.

Hukum Newton menyatakan setiap massa menarik massa titik lainnya dengan gaya segaris daengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebut berbanding lurus deengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut.

Mudahnya, tidak ada yang namanya gravitasi nol. Meskipun gaya gravitasi berukurang, besarnya gaya tidak akan menjadi gravitasi nol. Bahkan, sebuah semangka bisa saja memiliki gaya gravitasi walupun sangat-sangat kecil.

Gravitasi nol sendiri mempunyai arti menggambarkan keadaan yang dialami astronot yang berada di luar angkasaa dengan orbit 300 km. Di ketinggian 300 km, para astronot masih ditarik gaya gravitasi Bumi sekitar 91 persen dari yang akan dialami saat berada di permukaan Bumi.

Faktanya, jika tidak ada gravitasi maka alam semesta akan berbeda jauh dengan yang sekarang. Tidak ada satu partikel pun di alam semesta yang terbebas dengan gravitasi.

Contoh mudahnya kita ambil dari Matahari yang menarik benda-benda lainnya seperti komet, bumi, planet lain, dan asteroid. Seumpama gravitasi di luar angkasa benar-benar tidak ada, maka semua benda-benda yang berada di sekeliling Matahari akan terlempar sesukanya. Tidak akan pernah ada yang namanya sistem surya.

 

Walaupun Pendek Banget, Sudah Menjawab Apakah di Luar Angkasa Ada Gravitasi!

2+

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *