Apakah Matahari Mengorbit Pusat Galaksi

matahari mengorbit pusat galaksi 1
Letak dan Jalur Orbit Matahari. Kredit: wikipedia.org

Opolah~ Bulan sebagai satelit alami Bumi mengorbit planet kita. Bumi mengorbit Matahari sebagai bintang induknya. Benda-benda antariksa lain yang berada di tata surya juga mengorbit Matahari. Lalu, bagaimana dengan Matahari? Apakah Matahari mengorbit pusat galaksi?

Sebelumnya, apa arti “orbit” itu? Orbit atau garis edar adalah jalur yang dilalui oleh objek, di sekitar objek lainnya, dalam pengaruh gaya gravitasi. Mengapa sesuatu bisa dikatakan mengorbit? Mengorbit adalah pergerakan suatu objek terhadap sebuah titik pusat pada jalur tertentu. Mudahnya mengorbit itu sama dengan mengelilingi suatu pusat.

Matahari, planet, satelit, asteroid, planet kerdil, komet, dan anggota tata surya lainnya berada di galaksi Bima Sakti. Tata surya berada pada salah satu lengan spiral di galaksi Bima Sakti bernama lengan Orion, di antara lengan Perseus dan lengan Sagitarius. Jaraknya sekitar27.000 tahun cahaya dari pusat galaksi.

Ya, Matahari mengorbit pusat galaksi Bima Sakti, dengan mengajak planet, satelit, planet kerdil, komet, dan objek-objek lain bersamanya. Pusat galaksi Bima Sakti sendiri adalah lubang hitam. Bukan hanya Matahari, semua sistem bintang juga bergerak mengelilingi pusat galaksi.

Matahari mengorbit pusat galaksi dalam orbit yang hampir lingkaran, tidak seperti orbit planet-planet yang mengorbitnya yang berbentuk elips. Matahari bergerak dengan kecepatan sekitar 782.000 kilometer per jam.

Matahari membutuhkan waktu setidaknya sekitar 226 juta tahun untuk sekali putaran mengelilingi galaksi Bima Sakti. Yang jika dikalkulasi, sejak pertama kali terbentuk sekitar 4,6 miliar tahun yang lalu, Matahari mengelilingi pusat galaksi sekitar 20 kali.

Walaupun kecepatan Matahari berkali-kali lipat dari Ferrari, Mengapa Matahari membutuhkan waktu sangat lama untuk sekali berevolusi? Ini disebabkan karena galaksi ini sangatlah luas, apalagi Matahari yang berada di lengan spiral, bukan di dekat pusat galaksi. Semakin jauh dari pusat, semakin lama waktu untuk mengelilinginya.

Matahari akan terus mengelilingi pusat galaksi Bima sakti. Sampai bahan bakar hidrogennya habis yang diperkirakkan akan habis sekitar 7 miliar tahun lagi. Setidaknya Matahari akan melakukan 31 putaran (lap) lagi sampai kehabisan bahan bakar.

Nah, karena orbit Matahari dalam mengelilingi pusat galaksi, munculah istilah khusus galactic year atau tahun galaksi. Galactic year bukanlah satuan waktu yang baku, tetapi bisa sering digunakan untuk menggambarkan periode waktu kosmis.

tabel tahun galaksi

tabel tahun galaksi

Tabel tahun galaksi. Kredit: wikipedia.org

Terlihat bahwa sebelum melakukan 31 putaran lagi, Bima Sakti dan Andromeda akan menyatu atau bertabrakan. Pada tahun galaksi ke 22, Bumi sudah menjadi seperti Venus dan manusia mungkin sudah punah atau menyinggahi planet lain yang layak huni.

Mau bukti bahwa bintang-bintang lain dan Matahari mengorbit pusat galaksi? Bukti mudahnya adalah bintang di langit malam itu sebenarnya bergeser sedikit, rupa rasi bintang sekarang dan masa lalu itu berbeda. Ini berarti bintang-bintang tidak dalam posisi diam di tempat, melainkan melakukan suatu perjalan orbit.

Cek artikel  8 Fakta Menarik Rasi Bintang yang Indah di Malam Hari

Ingat, tidak ada benda/objek yang terlepas dari yang namanya gravitasi! Matahari memang mengelilingi pusat galaksi Bima Sakti. Tetapi, bagaimana dengan galaksi Bima Sakti itu sendiri? Apakah mengorbit pada sesuatu atau tidak?

Perlu dibahas?

 

Sunggu Matahari Bergerak Sesuai Garis Edarnya

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *