Apakah Semua Planet di Tata Surya Bisa Sejajar?

Planet di Tata Surya Bisa Sejajar
Kredit: Routers

Opolah~ Tata surya kita mempunyai anggota utama yaitu satu bintang dan delapan planet. Satu bintang itu yang sekaligus menjadi pusat tata surya adalah Matahari, sementara delapan planet itu adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Pertanyaaannya adalah apakah semua planet di tata surya bisa sejajar?

Planet-planet itu mempunyai kecepatan dan lintasan orbit yang berbeda. Bumi sendiri membutuhkan waktu setidaknya 365 hari untuk melakukan satu putaran penuh mengelilingi Matahari, sedangkan Neptunus membutuhkan waktu 164 tahun.

Intinya planet-planet di tata surya membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk berevolusi. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah semua planet di tata surya bisa sejajar (satu garis lurus)? Apakah FPB dan KPK dapat diterapkan untuk menghitung kapan terjadinya kesejajaran ini?

Delapan Planet Tidak Akan Sejajar dengan Sempurna

Matahari dan delapan planet tidak akan bisa sejajar (satu garis lurus) dengan sempurna. Walaupun semua planet tidak dapat berada di satu garis lurus dengan sempurna, tetapi Matahari dan delapan planet dapat selaras.

Meskipun setiap planet berada di bidang orbit yang sama, orbit setiap planet itu tidaklah benar-benar persis satu bidang. Setiap planet memiliki kemiringan orbit yang berbeda beda. Ada yang terletak sedikit ke atas dan ada yang terletak sedikit ke bawah.

orbit venus

Kredit: langitselatan.com

Bayangkan sebuah kertas diletakan di titik tengah Matahari dan Bumi. Terdapat planet yang mengorbit Matahari di bawah kertas dan di atas kertas. Ini berarti planet tersebut mengorbit Matahari dengan cara menembus kertas. Contohnya seperti orbit planet Merkurius.

Oleh karenanya, Matahari dan delapan planet di sekelilingnya tidak akan pernah berada dalam satu garis lurus “sempurna” seperti yang dikatakan seorang peselancar handal yang kemudian terdampar di suatu pulau, Jack Kahuna Laguna. Ya, FPB dan KPK tidaklah cukup.

Proses Semua Planet Sejajar

Tadi katanya planet-planet di tata surya tidak dapat berada dalam satu garis lurus, kok sub judulnya nggak kompeten? Memang akan ada planet yang terletak sedikit ke bawah atau sedikit ke atas, namun tetap saja barisan planet itu bisa disebut hampir satu garis lurus.

Planet-planet mengorbit Matahari pada orientasi dan kemiringan yang berbeda dan mereka tidak akan pernah dapat berada dalam satu garis lurus yang sempurna. Diperkirakan pada 2492 tahun lagi, semua planet di tata surya akan tampak muncul di area kasar yang sama di langit.

Dalam jarak waktu sekitar lima puluh tahun sekali, planet paling terang akan di langit malam akan memposisikan diri sedemikian rupa sehingga tampak bahwa mereka berada dalam garis lurus. Hal ini terakhir kali terjadi pada tahun 2000, ketika Venus, Mars, Saturnus, Merkurius, dan Jupiter muncul di atas cakrawala barat dalam bentuk kalung.

Apa yang Terjadi Jika Planet di Tata Surya Bisa Sejajar?

Ah, jadi ingat ramalan kiamat pada 21 Desember 2012 yang menyatakan bahwa Bumi akan gelap gulita karena planet-planet sejajar atau lebih tepatnya sinar Matahari ditutupi Venus. Gobl*k, mana ada Venus yang terlihat secuil itu dapat menutupi Matahari.

Penyebabnya karena masyarakat awam berpikir bahwa planet-planet di tata surya memiliki jarak yang sangat dekat. Coba saja liat gambar tata surya di Google (gambar tajuk) dan video animasi di YouTube, rata-rata menunjukan planet-planet di tata surya saling berhimpitan.

Ambil contoh di episode Spongebob vs The Big One, yang bercerita tentang kesejajaran planet dan planet-planet tersebut digambarkan sangat dekat. Nah, doktrin ini menyebabkan masyarakat berasumsi bahwa planet-planet tersebut dapat menutupi Bumi dan menyebabkan kehancuran.

Lupakan tiga paragraf di atas. Tarikan gravitasi planet-planet tidak dapat mempengaruhi Bumi karena jaraknya terlalu jauh untuk memiliki efek signifikan pada Bumi. Total gaya gravitasi yang bekerja di Bumi ketiaka planet-planet berada pada jarak terdekat dengan Bumi adalah 0,000064 N.

Hal ini tidak begitu mempengaruhi keadaan Bumi. Benda langit yang mempengaruhi Bumi hanyalah Matahari dan Bulan. Kasarnya, Matahari sebagai pengganti musim, sedangkan Bulan membuat pasang surut air laut.

 

Bagaimana Tentang Penjelasan Apakah Semua Planet di Tata Surya Bisa Sejajar! Ingat Hampir Sejajar, Bukan 100% Sejajar!

2+

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *