Dimana Bumi Berada? Inilah Alamat Lengkap Bumi Kita di Alam Semesta

Opolah~ Pasti semua entitas yang membaca artikel ini pernah diberi tugas oleh guru untuk menulis alamat secara lengkap. Kita pun menuliskan alamat lengkap kita yang hanya mentok provinsi. Tetapi, bagaimana jika kita menulis alamat lengkap yang selengkap-lengkapnya sampai keluar Bumi?

Pada September 2014, Supergugus Galaksi Lanieka berhasil didefinisikan. Pada saat itu juga, Galaksi Bima Sakti mempunyai rumah besar baru. Yang berarti bahwa posisi Bumi kita di alam semesta menjadi semakin lengkap.

Supergugus Galaksi Lanieka diperkirakan mempunyai 100.000 galaksi di dalamnya dan terbentang sejauh 520 juta tahun cahaya. Meskipun demikian, supergugus galaksi ini masih lah potongan kecil dari alam semesta yang sangat luas.

Struktur Lanieka berhasil didefiniskan oleh peneliti Institut Astroniomi, Universitas Hawaii, Amerika Serikat, R Brent Tully dan rekannya. Mereka berhasil mendefinisikan struktur Lanieka setelah mengamati gerak dari 8.000 galaksi.

Hasilnya, Bima Sakti hanya satu titik di pinggiran Lanieka yang berkumpul bersama grup dan gugus galaksi lain serta bergerak bersama menuju “Great Attractor”, sang penarik besar, yaitu kawasan dengan tarikan gravitasi masif arah Gugus Galaksi Centaurus.

“Kami akhirnya telah menetapkan kontur yang menentukan supergugus galaksi yang dapat kami sebut rumah, ini tidak berbeda dengan mengetahui untuk pertama kalinya bahwa kampung halaman Anda sebenarnya adalah bagian dari negara yang jauh lebih besar yang berbatasan dengan negara lain,” kata Tully.

Sebelum melanjutkan, bisa terlebih dahulu membaca:

Alamat Lengkap Bumi

Sebagai anggota tata surya, Bumi memiliki tujuh planet tetangga, ratusan planet kerdil, ratusan planet satelit alami, ratusan bahkan jutaan asteroid, dan jutaan sampai milliaran komet. Juga anggota tata suya lainnya yang belum diketahui jauh lebih banyak lagi.

Batas akhir dari pengaruh gravitasi Matahari menandai tepi tata surya berkarak 1,87 tahun cahaya dari bintang induk. Satu tahun cahaya adalah waktu yang dibutuhkan cahaya untuk bergerak dengan kecepatan sekitar 300.000 kilometer per detik.

Ini juga berarti bahwa satu tahun cahaya setara dengan 9,4 triliun kilometer. Bintang terdekat Matahari adalah Proxima Centauri, bintang katai merah yang berjarak 4,2 tahun cahaya dari Matahari. Proxima Centauri adalah bagian dari sistem tiga bintang, Alpha Centauri.

Matahari dan Proxima Centauri adalah bagian dari Galaksi Bima Sakti yang beranggotakan 400 miliar bintang dan terbentang sejauh 120.000 tahun cahaya. Matahari berada di salah satu lengan Bima Sakti, Orion-Cygnus (lengan mungil Orion).

Matahari berjarak 27.000 tahun cahaya dari inti atau pusat Bima Sakti, yaitu Lubang Hitam Sagitarius A*. Bima Sakti merupakann anggota utama Grup Galaksi Lokal yang terbentang 10 juta tahun cahaya. Selain Bima Sakti, grup lokal mempunyai dua galaksi utama lainnya, yaitu Andromeda dan Triangulum.

Grup Lokal Galaksi juga berisikan puluhan satelit galaksi dan puluhan galaksi kecil. Bagian lebih besar dari Grup Gravitasi Local adalah Gugus Galaksi Virgo yang beranggotakan 1.200-2.000 galaksi. Gugus Galaksi Virgo membentang sejauh 15 juta tahun cahaya.

Nama Virgo sendiri diberikan karena gugus galaksi ini jika dilihat dari Bumi berada di arah rasi bintang Virgo. Gugus Galaksi Virgo sebelumnya adalah bagian dari Supergugus Virgo yang beranggotakan 47.000 galaksi dan membentang sejauh 110 tahun cahaya. Tetapi, sekarang Gugus Galaksi Virgo merupakan anggota Supergugus Laniakea.

Keberhasilan penentuan struktur Laniakea membuat Supergugus Galaksi Virgo hanya menjadi bagian dari Laniakea. Demikian pula Supergugus Norma-Hydra, Centaurus, dan Pavo-indus yang kini semua jadi bagian dari Laniakea.

Berdasarkan definisi baru supergugus, tentang Laniakea antara lain Supergugus Shapley, Coma, dan Perseus-Pisces. Mereka adalah supergugus yang mempunyai struktur terbesar di alam semesta yang saat ini diketahui.

Potensi untuk menemukan struktur yang lebih besar disadari Tully sangat besar khususnya jika faktor lain yang mempengaruhi gerak galaksi diperhitungkan. Pemahaman kita tentang supergugus terus berkembang.

Secara teoritis, kita seharusnya bisa melihat bagian lain semesta yang terbentang hingga 14,7 miliar tahun cahaya. untuk itu, meski Laniakea adalah struktur terbesar yang diketahui di alam semesta, Laniakea masih menjadi bagian kecil dari alam semesta.

Jika kita bisa melakukan perjalanan lintas galaksi atau bisa berkomunikasi (mau ngajak cod, kirim paket, atau baku hantam antar galaksi), dengan kehidupan cerdas di luar Bima Sakti, kita dapat menyebut alamat dengan lebih rinci, yaitu:

Bumi, Tata Surya, Lengan Orion, Bima Sakti, Grup Lokal, Supergugus Virgo, Supergugus Lanieka

Atau jika dalam bahasa Inggris menjadi bahasa utama di alam semesta (seperti MCU):

Earth, Solar System, Orion Arm, Milky Way, Local Group, Local Sheet, Virgo Supercluster, Laniakea Supercluster.

  1. Bumi

lokasi bumi

Bumi. Kredit: Wikimedia

Bumi adalah planet ketiga dari Matahari dan merupakan planet bebatuan. Bumi merupakan planet terbesar kelima dari delapan planet dalam tata surya. Gitu saja penjelasannya. Kalau belum tahu seperti apa Bumi, mending sekolah lagi dari SD!

  1. Tata Surya

lokasi bumi tata surya

Tata Surya. Kredit: Wikimedia

Tata surya adalah sistem benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang bernama Matahari dan semua objek yang terikat oleh gravitasinya. Objek-objeknya terdiri dari delapan buah planet, lima planet kerdil, 175 satelit alami, dan jutaan-miliaran benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya.

Semua benda langit tersebut membentuk tata surya yang menempati ruang angkasa dengan diameter 15 triliun kilometer. Dimana semua benda langit ini berputar mengelilingi Matahari dengan lintasan yang berbentuk elips.

Lebih lengkap: (Sekilas Tentang Sistem Keplanetan Tata Surya).

  1. Lengan Orion

lokasi bumi lengan orion

Lengan Bima Sakti. Kredit: Wikimedia

Lengan Orion adalah sebuah lengan spiral minor dari Bima Sakti. Lengan ini memiliki lebar sekitar 3.500 tahun cahaya dan panjang 10.000 tahun cahaya. Lengan ini juga disebut Lengan Lokal, Lengan Orion-Cygnus, Jembatan Orion, Luapan Lokal, dan sebelumnya Spur Lokal dan Spur Carina.

Lengan Orion ini dinamakan atas kedekatnnya terhadap bintang-bintang di rasi bintang Orion. Lengan ini terletak di antara Lengan Sagitarius dan Lengan Perseus, dua dari empat lengan major di Galaksi Bima Sakti.

Lebih lengkap: (Lengan Spiral Galaksi Bima Sakti).

  1. Bima Sakti

lokasi bumi galaksi bima sakti

Bima Sakti. Kredit: Wikimedia

Bima Sakti (Milky Way) merupakan galaksi yang besar dan di dalamnya terdapat Matahari, sebuah bintang yang menjadi tempat berteduh bagi Bumi. Kita dapat mengamati ribuan bintang yang berada di langit malam dengan mata telanjang dan jumlahnya akan berlipat ganda jika menggunakan teleskop.

Dari Bumi, Bima Sakti tampak pada langit malam yang cerah tanpa awan dan bebas dari polusi cahaya sebagai kabut putih kelabu yang memanjang mengitari busur langit dengan bagain tengahnya terdapat aura gelap.

Kabut putih itu merupakan kumpulan bintang-bintang yang luar biasa banyak dan lebih rapat daripada bagian langit lain serta debu dan gas angkasa yang terperangkap dalam piringan orbit. Kabut putih itu memanjang mengelilingi busur langit melintasi 30 konstelasi bintang.

Bagian yang tampak paling terang dan lebar berada di arah Sagitarius dan Skorpio, dan merupakan arah dari letaknya pusat Bima Sakti. Karena jalur busur langitnya tidak berdekatan dengan garis ekuator langit maupun ekliptika, Bima Sakti teramati dari berbagai sudut Bumi.

Lebih lengkap: (Sebuah Cerpen Mengenai Bima Sakti).

  1. Grup Lokal

lokasi bumi grup lokal

Grup Lokal. Kredit: Wikimedia

Grup Lokal terdiri dari dua kelompok galaksi dalam bentuk “halter”, Bima Sakti dan satelitnya membentuk satu lobus, dan Andromeda beserta satelitnya membentuk lobus yang lainnya. Kedua kelompok ini bergerak menuju satu sama lain dengan kecepatan sekitar 123 km/dtk.

Grup Lokal adalah bagian dari Supergugus Virgo yang lebih besar lagi. Supergugus Virgo terdiri dari banyak gugus lain, termasuk Gugus Virgo yang terletak sekitar 65 juta tahun cahaya dari Bumi. Kemungkinan, Supergugus Virgo merupakan bagian dari Superkluster Laniakea yang jauh lebih besar lagi.

Jumlah total galaksi di Grup Lokal sebenarnya tidak diketahui secara pasti, ini dikarenakan beberapa di antaranya tersumbat oleh Bima Sakti. Namun, setidaknya ada 80 galaksi yang diketahui (sebagian besar adalah galaksi kecil).

Bima Sakti dan Andromeda adalah dua galaksi raksasa yang mendominasi Grup Lokal. Andromeda terpisah sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bima Sakti. Keduanya merupakan galaksi spiral berbatang dan hampir seluruh galaksi anggota Grup Lokal terikat secara gravitasi pada salah satu dari mereka.

Lebih lengkap: (Luar Angkasa dalam 10 Juta Tahun Cahaya, Grup Lokal Galaksi).

  1. Supergugus Virgo

lokasi bumi supergugus virgo

Supergugus Virgo. Kredit: Wikimedia

Supergugus Virgo atau Supergugus Lokal adalah supergugus yang berisi Gugus Galaksi Virgo dan Grup Lokal, yang berisi Bima Sakti dan Andromeda. Setidaknya 100 kelompok galaksi dan kluster terletak di dalam diameter 110 juta tahun cahaya.

Supergugus ini merupakan salah satu dari jutaan supergugus lainnya di alam semesta yang teramati. Sebuah studi pada 2014 menunjukkan bahwa Supergugus Virgo hanyalah lobus dari supergugus yang lebih besar Laniakea.

Volume dari Supergugus Virgo diperkirakan 7000 kali volume Grup Lokal atau 100 miliar kali lipat dari Bima Sakti. Pusatnya sendiri diperkirakan berada di Gugus Galaksi Virgo, yang menunjukkan bahwa struktur ini tidaklah acak.

Lebih lengkap: (Supergugus Virgo, Kumpulan dari Grup dan Gugus Galaksi Sekitar).

  1. Supergugus Laniakea

lokasi bumi supergugus laniakea

Supergugus Lokal atau Supergugus Laniakea. Kredit: Wikimedia

Bima Sakti berada di pinggiran Supergugus Laniakea, yang untuk pertama kalinya telah dipetakan dengan cermat menggunakan teknik baru ini. Studi ini juga mengklarifikasi peran Penarik Besar, titik fokus gravitasi di ruang antargalaksi yang memengaruhi gerakan Grup Lokal galaksi dan gugus galaksi lain.

Di dalam batas Supergugus Laniakea, gerakan galaksi diarahkan ke dalam, dengan cara yang sama seperti aliran air mengikuti jalur menurun menuju lembah. Wilayah Penarik Besar adalah lembah gravitasi dasar datar yang besar dengan bidang atraksi yang membentang melintasi Supergugus Laniakea.

Supergugus Laniakea mencakup sekitar 100.000 galaksi yang membentang lebih dari 520 juta tahun cahaya. Ia memiliki perkiraan massa 10 17 massa Matahari, atau seratus ribu kali lipat dari galaksi kita, yang hampir sama dengan Supergugus Horologium.

Alamat Bumi Lebih Lengkap Lagi

Eittsss… Sebenarnya, alamat Bumi yang disebutkan dan dijelaskan di atas tidaklah terlalu lengkap, masih ada yang lebih lengkap lagi! Jika ingin menulis alamat Bumi kita dengan sangat lebih lengkap, maka kita harus menulis alamatnya seperti:

Bumi, Tata Surya, Awan Antarbintang, Gelembung Lokal, Sabuk Gould, Lengan Orion, Bima Sakti, Subgrup Bima Sakti, Grup Lokal, Lembar Lokal, Supergugus Virgo, Supergugus Laniakea, Semesta Teramati, Univserse.

Atau jika dalam bahasa Inggris menjadi:

Earth, Solar System, Local Interstellar Cloud, Local Bubble, Gould Belt, Orion Arm, Milky Way, Milky Way Subgroup, Local Group, Local Sheet, Virgo Supercluster, Laniakea Supercluster, Observable Universe, Universe.

Galeri

lokasi bumi lengkap

Alamat lengkap Bumi, perbesar untuk melihat lebih jelas atau klik ini. Kredit: Wikimedia

 

Semata-mata untuk Mengingatkan Bahwa Kita itu Kecil Pake Bangeeeetttt!

Sumber: Wikipedia, NASA, astronomy.com, Forbes, earthsky.org, nrao.edu

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *