Letak dan Jadwal Komet NEOWISE Secara Kasar

Letak dan Jadwal Komet NEOWISE Secara Kasar
Kredit: forbes.com

Opolah~ LAPAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariks Nasional menyebut bahwa Komet NEOWISE atau Komet C/2020 F3 bisa diamati dari Indonesia. Komet ini hanya bisa disaksikan sekali seumur hidup, karena periode orbitnya sangat lama, sekitar 6.600 tahun.

“Meskipun akan terlihat secara kasat mata, komet akan semakin sulit dilihat di daerah yang memiliki poluisi cahaya yang parah. Supaya lebih jelas dalm mengamati fenomena ini, akan lebih baik jika menggunakan alat bantu pengamatan seperti kamera digital dengan kepekaan cahaya yang tinggi, bipolar, dan teleskop,” keterangan LAPAN di akun Instagram resminya.

Sekali lagi, Komet NOWISE diperkirakan berasal dari Awan Oort atau Oort Cloud. Setidaknya ada sekitar puluhan hingga ratusan komet yang melintasi Bumi dan Matahari setiap tahun. Sebenarnya agak berlebihan menyebut bahwa fenomena penampakan Komet Neowise itu langka.

Tetapi, komet seperti NEOWISE hanya ada beberapa setiap tahun. Komet ini disebut komet Kimi No Nawa (Your Name) oleh LAPAN. Komet NEOWISE pertama kali ditangkap oleh Near Earth Object Wide-field Infrared Servey Explorer (NEOWISE) milik NASA pada 27 Maret 2020.

Pada mulanya, para peneliti tidak menaruh harapan pada komet NEOWISE untuk menjadi lebih terang. Tetapi ternyata setelah musim semi, pengamat di Belahan Bumi Selatan menemukan perubahan pada objek ini karena jauhnya dengan Bumi dan Matahari.

Komet NEOWISE akan berada pada jarak paling dekat pada Kamis besok malam, 23 Juli 2020. Mudahnya, waktu terbaik untuk mengamati komet ini terjadi pada 23 Juli 2020. Dengan magnitude sekitar +3,40, NEOWISE akan mudah diamati dengan mata telanjang (disarankan menggunakan alat bantu).

Penampakan komet NEOWISE berdampingan dengan terbenamnya Matahari. Komet NEOWISE bisa disaksikan setelah terbenamnya Matahari. Komet ini dapat diamati sampai tanggal 26 Juli 2020, setelahnya akan sulit untuk diamati.

Jika ingin menyaksikan komet ini, pastikan daerah di sekitarmu bebas dari polusi cahaya dan kondisi langit tanpa awan (cerah). Pilihlah lokasi pengamatan arah Barat Laut yang bebas dari halangan dan jangan menggunakan alat dengan medan pemandangan yang sempit.

Komet ini mempunyai waktu tampak dan letak berbeda-beda di seluruh Indonesia. Secara kasar, NEOWISE dapat disaksikan setelah Matahari tenggelam. Letaknya berada di Barat Laut. Komet ini terletak di sekitar Matahari tenggelam (cuma di atas Matahari).

Namun, jika ingin daftar lengkapnya mulai dari letak pengamatan, tanggal, waktu tampak, azimut, altitude, magnitude, dan konstelasi, bisa dicek tabel di bawah ini. Tabel di bawah ini diambil dari LAPAN.

Mengutip dari LAPAN, berikut adalah letak dan jadwal komet NEOWISE di beberapa wilayah di Indonesia:

View this post on Instagram

Halo #SobatLAPAN ! Dalam beberapa hari lagi komet C/2020 F3 (NEOWISE) akan melintasi Indonesia. 🌠🇮🇩 ⠀ Di Indonesia, komet ini baru dapat dilihat mulai tanggal 19 hingga 25 Juli 2020 setelah matahari terbenam. Waktu terbaik untuk mengamatinya yaitu pada tanggal 23 Juli 2020. Komet akan mulai sulit dilihat pada tanggal 26 Juli 2020. ⠀ Meskipun akan terlihat secara kasat mata, komet akan semakin sulit dilihat di daerah yang memiliki polusi cahaya tinggi. Supaya lebih jelas dalam mengamati fenomena antariksa ini akan lebih baik jika menggunakan alat bantu pengamatan seperti kamera digital dengan kepekaan cahaya yang tinggi, binokular, dan teleskop. Dan tentunya tidak ada objek yang menghalangi horizon di arah barat laut. ⠀ Fenomena antariksa ini cukup langka karena setelah menempuh perjalanan yang sangat jauh dan mencapai titik terdekatnya dengan Bumi pada 23 Juli 2020, butuh 6800 tahun lagi untuk komet NEOWISE bisa bertemu kembali mendekati orbit Bumi. ⠀ Semoga langit cerah sob! ⠀ #LAPAN #Indonesia #malamlangitgelap #harikeantariksaan #antariksa #neowise #komet #comet #yourname #kiminonawa

A post shared by LAPAN (@lapan_ri) on

0

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *