Mengenal Galaksi Andromeda si Terbesar di Local Cluster

Mengenal Galaksi Andromeda

Opolah~ Galaksi Andromeda adalah salah satu dari beberapa galaksi tetangga Bima Sakti. Penamaan Andromeda sendiri berasal dari nama seorang putri Yunani yang merupakan anak Chepeus dan Cassiopiea. Uniknya, nama Galaksi Andromeda diambil dari konstelasi Andromeda.

Galaksi ini mempunyai nama lain Messier 31 dan NGC 224. Nama Messier 31 diambil dari katalog benda langit milik seorang astronom Prancis, Charles Messier. Messier sendiri sudah memasukkan sebanyak 103 benda ke dalam katalognya, 40 di antaranya telah ditemukan oleh Messier.

Adapun beberapa nama lain dari galaksi Andromeda antara lain adalah UGC 454, 2C 56 (Core), CGCG 535-17, MCG +07-02-016, IRAS 00400+4059, 2 MASX J00424433++4116074, GC 116, h 50, Bode 3, Flamsteed 58, Hevelius 52, Ha 3.3, IRC +40013.

Galaksi Andromeda pertama kali ditemukan pada 964 M oleh ahli astronomi Persia, Abd al-Rahman al-Sufi. Saat itu, Abd al-Rahman al-Sufi mengira Andromeda adalah sebuah nebula atau kumpulan gas. Pada tahun 1924, Edwin Hubble mengumumkan bahwa nebula spiral Andromeda sebenarnya adalah sebuah galaksi

Jaraknya sekitar 850.000 tahun cahaya jika diukur dari Galaksi Bimasakti, sedangkan jika dari planet kita berjarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Lebih dekat dibandingkan dengan galaksi Triangulum.

Galaksi ini mempunyai bentuk spriral, sama halnya dengan galaksi kita. Galaksi Andromeda memiliki diameter sekitar 220.000 tahun cahaya, sedangkan Galaksi Bima Sakti hanya memiliki diameter kurang dari setengahnya.

Galaksi Andromeda menjadi galaksi terbesar di local cluster. Local cluster sendiri berarti sebuah grup galaksi yang berada di dekat Galaksi Bima Sakti, berukuran kurang lebih 10 juta tahun cahaya. Tetapi, galaksi ini tidak ada apa-apanya dengan Galaksi IC 1011.

Galaksi ini mempunyai kurang lebih 1 triliun bintang didalamnya tiga kali lebih banyak dari galaksi kita. Bima Sakti memiliki kurang lebih 400 milyar bintang . Galaksi Andromeda juga memiliki banyak lubang hitam, ada 35 black hole yang ditemukkan pada 2013 dan terus bertambah.

Galaksi ini mempunyai nukleus ganda dan hanya berjarak 5 tahun cahaya. Inti pertama dikenal dengan P1, sedangkan yang kedua dikenal dengan P2. Kedua puncak cahaya ini berisi jutaan bintang padat di dalamnya.

Tetapi, beberapa astronom telah menentukan bahwa nukleus tidak benar-benar ada dua bagian melainkan hanya satu kelompok bintang miring yang mengorbit lubang hitam supermasif di pusat galaksi. Lubang hitam ini mempunyai massa 140 juta kali massa matahari kita.

Dengan magnitudo tampak 3,44, galaksi ini cukup mudah dilihat dengan mata telanjang. Asalkan polusi cahaya tidak terlalu parah, tanpa bulan, dan langit cukup cerah.  Seperti kumpulan kabut halus yang sangat kecil jika dilihat dengan teliti dan alat bantu teleskop 8-inci.

Galaksi ini berada pada konstelasi Andromeda, letaknya berada di belahan langit utara 41° di sebelah utara khatulistiwa langit. Jika kesusahan mencarinya, Andromeda berada di langit utara antara asterisme “W” Cassiopeia dan konstelasi Great Squere of Pegasus.

Galaksi ini mempunyai kecepatan 300 km/detik atau setara 671081 mil/jam, sangat cepat untuk mengelilingi planet kita selama 6 menit. Dengan kata lain, galaksi ini akan menabrak galaksi kita dan akan membentuk galaksi elips.

Sebelum tabrakan dengan Andromeda, Bima Sakti akan lebih dulu bertabrakan dengan awan Magellen. Diperkirakan akan terjadi sekitar 1 sampai 2,5 milyar tahun lagi.

Tenang saja, sebelum tabrakan terjadi mungkin kita semua sudah dipanggil oleh sang pencipta, karena diperkirakan tabrakan ini akan terjadi sekitar 4 milyar tahun lagi. Disamping itu, planet kita tercinta tidak akan terkena dampak serius.

Galaksi terdiri dari sebagian besar ruang kosong, jadi sangat minim sekali planet kita dan tata surya bertabrakan dengan penduduk Andromeda. Bumi akan menyaksikan fenomena alam yang begitu menabjubkan. Kalaupun ketabrak, kita tidak akan merasakannya.

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Bambang S berkata:

    Mempelajari lebih jauh tentang luar angkasa yang sangat jauh dan luas membuat kita berpikir “pasti yang menciptakannya maha agung. Dengan melihat bukti bukti yang nampak, kita menjadi semakin percaya bahwa semua ini bukan terjadi karena kebetulan pasti ada yang menciptakannya.

  2. sekarrrrr berkata:

    sangat sangat sangat sangat menarik dan mudah dipahami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *