Mengulas Apakah Planet Nibiru itu Ada

ilustrasi planet nibiru

Opolah~ Planet Nibiru atau planet X selama dua dekade terakhir menjadi perdebatan pro dan kontra. Planet Nibiru adalah planet sebesar Neptunus yang diyakini akan menabrak atau hampir menabrak Bumi pada abad ke-21. Bagi penganutnya, planet ini dipercayai sebagai penyebab kiamat.

Benturan dengan Nibiru akan membuat Bumi terpental dari orbit yang berujung pada kematian besar-besaran mahkluk hidup. Dinyatakan bahwa 1 dari 2 manusia akan mati karena bencana mahaluarbiasa tersebut.

Ide gila ini pertama kali dicetuskan oleh Nancy Lieder pada 1995. Nancy menyatakan dapat menerima pesan dari makhluk ekstraterestrial dari sistem Zeta Reticuli. Zeta Reticuli sendiri adalah sistem bintang bintang biner yang terletak sekitar 39 tahun cahaya dari Bumi.

Karena keberadaanya yang sangat jauh sekitar 20 kali jarak Neptunus ke Matahari, Nibiru membutuhkan waktu sekitar 3.600 tahun untuk mendekati Matahari. Kejadian tersebut menjadi momen pertama manusia melihat planet ini setelah masa Babilonia 3.600 tahun yang lalu.

Nancy memperingatkan manusia bahwa benda langit tersebut akan melewati tata surya, menyebabkan pergeseran kutub bumi yang akan menghancurkan peradapan manusia atau simpelnya kiamat. Ramalan ini kemudian menyebar dengan cepat.

Kemudian, dipercaya grup-grup yang menghubungkan Nibiru dengan ramalan kiamat 2012. Nama “Nibiru” sendiri berasal dari karya Zecharia Sitchin yang mengisahkan astronot kuno. Tetapi, Sithin membantah hunungan karyanya tersebut dengan bencana yang akan datang.

Karakteristik dan Orbit Planet Nibiru

Secara astronomis, keberadaan planet Nibiru bisa diaplikasikan dengan hukum Kepler 3 dan hokum gravitasi Newton untuk meramalkan profil orbitnya sekaligus sebagian karakteristik melalui beberapa asumsi.

Maka posisinya dan tingkat terangnya dari waktu ke waktu dapat diprediksi. Ini merupakan prosedur standar yang digunakan untuk benda anggota tata surya, dari planet, komet, satelit buatan juga alami, dan asteroid.

Planet Nibiru mengedari Matahari dalam orbit tertutup (layaknya orbit komet). Planet ini diklaim terlihat terakhir kali pada 3.600 tahun silam sehingga bisa dianggap sebagai benda yang mengelilingi Matahari secara periodik dengan periode revolusi 3.600 tahun.

Planet ini mempunyai permukaan yang sangat gelap, sama gelapnya dengan batubara, sehingga dinyatakan tak bisa dilihat mata manusia tanpa alat bantu. Planet Nibiru diklaim sudah teramati melalui teleskop, tetapi hasil pengamatannya dinyatakan sebagai data rahasia.

Nibiru diperkirakan mempunyai ukuran setara dengan Neptunus, yaitu sekitar 49 ribu km. Sangatlah besar beberapa kali lipat dibandingkan dengan diameter Bumi yang hanya sekitar kurang dari 13 ribu km.

Masalahnya adalah Apakah Planet Nibiru Ada?

Sistem bintang biner memang sangat memungkinkan untuk adanya planet di sekitar yang mengorbitnya. Planet Nibiru mengorbit Zeta Reticuli yang merupakan sistem bintang biner, tetapi anehnya planet ini juga mengorbit Matahari kita.

Bagaimana bisa planet Nibiru mengorbit keduanya dan mempunyai orbit layaknya komet? Untuk saat ini, belum ada informasi yang mengungkapkan bahwa ada sebuah planet yang mengorbit dua pusat sistem surya dengan jarak sangat jauh. Yang notebene, peristiwa seperti ini belum dapat dijelaskan.

Okay, anggaplah Nibiru itu ada. Planet ini diperkirakan akan mengunjungi Matahari pada abad ke-21. Planet Nibiru mempunyai diameter yang sama dengan planet Neptunus dan sedang melakukan perjalanan ke Matahari.

Dengan demikian, planet ini seharusnya sudah tampak sejak ratusan tahun yang lalu dan saat ini juga! Tetapi, mengapa seorang astronom abad pertengahan seperti Galileo tidak pernah mengabarkan keberadaan planet ini?

Komet 2006 SQ372 yang mempunyai diameter tidak lebih dari 100 km dari jarak Neptunus saja sudah dapat diindentifikasi keberadaannya. Tidak mungkin planet yang sangat besar tersebut tidak dapat diidentifikasi para astronom saat ini.

Apa karena warnanya yang sangat hitam layaknya batubara? Tidak juga, bahkan planet yang mempunyai warna yang lebih hitam dan jaraknya sekitar 720 tahun cahaya dari Bumi dapat diketahui, nama planet itu adalah TrES-2b.

Yap, keberadaan planet Nibiru itu sangat, sangat, sangat mustahil sekali. Percaya saja planet ini memang ada, tetapi hanya dalam mimpi dan imajinasi. Pendeskripsian tentang keberadaan Nibiru itu sangat ngawur dan cacat. Tidak ada planet secacat Nibiru, bahkan planet tempat tinggal Piccolo tidak secacat ini.

Bagaimana dengan Penjelasan NASA?

“Nibiru dan cerita lainnya tentang planet pengembara adalah hoax atau tipuan Internet. Tidak ada dasar faktual untuk klaim ini. Jika Nibiru atau Planet X memang nyata dan berada dalam orbit berpapasan dengan Bumi pada tahun 2012, para astronom dapat melacaknya setidaknya dalam satu dekade terakhir, dan tentunya sekarang akan terlihat dengan mata telanjang,” tulis NASA.

“Sangat jelas, planet Nibiru tidak ada. Kalau Eris, memang nyata dan ada. Namun Eris hanyalah sebuah planet katai mirip Pluto yang akan tetap berada di wilayah terluar tata surya, jarak terdekatnya dengan planet Bumi saat mengorbit Matahari adalah sekitar 4 miliar mil.”

Basa-Basi

Planet Nibiru itu tidak pernah ada dan tidak akan ada. Planet ini hanyalah hoax, bullsh*t, dan konspirasi belaka. Planet ini, menyebabkan para astronom menambah pekerjaan untuk membuktikan keberadaannya. “Meh, buang-buang waktuku yang berharga saja,” isi pikiran mereka.

Berita tentang Nibiru memang tidak pernah ada habisanya, planet ini akan terus-terusan dibahas dalam berbagai platform. Para “platform berita online” dan Youtubret hanya membuat berita tentang planet ini untuk menambah konten mereka agar lebih menarik masyarakat awam, tentunya karena AdSense.

Dari analisis sederhana saja, sudah ketahuan bahwa planet Nibiru tidak pernah ada. Yang selama ini beranggapan bahwa Nibiru adalah omong kosong belaka, selamat kamu adalah orang yang masih menggunakan reward  berupa akal dan pikiran dari Sang Pencipta!

 

Yang Masih Menganggap Nibiru Memang Benar-Benar Ada, Yo Sakarepmu!

0

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *