Penjelasan Gerak Semu Harian Bintang

gerak semu harian bintang
Kredit: premiumbeat.com

Opolah~ Pernah berpikir mengapa bintang-bintang di langit tidak pernah berada di posisi yang sama? Bintang-bintang di langit seolah-olah muncul dari timur dan bergerak menuju ke arah barat. Gerakan ini disebut dengan gerak semu harian bintang.

Bintang memiliki gerakan yang seolah berpindah-pindah tempat. Yang paling tidak asing adalah gerak semu harian bintang di pusat tata surya kita, Matahari. Hal ini juga berlaku kepada bintang-bintang lainnya di langit malam.

Gerak Semu Harian Bintang

Dilihat dari Bumi, mereka seperti bergerak dari timur ke barat. Sebutannya adalah gerak semu yang berarti gerakan yang bukan gerakan aslinya. Benda-benda langit seperti bergerak disebabkan karena rotasi Bumi.

Gerka semu harian adalah fenomena bergeraknya benda-benda langit dari timur ke barat saat tampak di Bumi. Gerak semu harian Matahari dan gerak semu harian bintang juga disebabkan karena Bumi berputar pada porosnya atau rotasi Bumi.

Dapat dikatakan bahwa gerak semu harian bintang merupakan efek dari rotasi Bumi yang menjadi penyebab bintang seperti bergerak dari tempatnya padahal sebenarnya mereka itu diam dan Bumi lah yang bergerak.

Proses Gerak Semu Harian Bintang

Perlu diketahui, penyebab gerak semu ini adalah rotasi Bumi. Bumi berputar pada porosnya dari arah barat ke timur, sehingga seolah bintang-bintang terbit dari sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat.

Jika dilihat dari kutub utara, rotasi Bumi memiliki arah berlawanan dengan arah jarum jam. Sedangkan jika dilihat dari arah kutub selatan, rotasi Bumi memiliki arah searah dengan arah jarum jam.

Ketka belahan Bumi kita berada mengalami siang hari, kita tidak dapat mengamati bintang, hanya dapat mengamati gerak semu harian Matahari. Namun ketika malam hari, kita dapat mengamati gerak semu harian bintang yang gerak semunya seperti Matahari (timur ke barat).

Fungsinya

Gerak semu ini memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. Paling jelas adalah sebagai penanda waktu dan perbedaan waktu antara wilayah. Fungsi lainnya adalah sebagai penunjuk arah ketika tidak alat penunjuk arah seperti kompas dan google map.

 

Gitu Aja

2+

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *