Chat Huruf P, Sebuah Huruf Lintas Kondisi dan Situasi

chat huruf p

Opolah~ Kenapa orang suka banget chat huruf p? Sebagian besar orang memang tidak masalah dengan cara chat seperti ini. Tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian orang tidak suka dengan perilaku ini. Memang apa sih arti dari chat huruf p?

Kata orang yang jauh dari agama, chat huruf p dapat digunakan untuk salam pembuka untuk memulai percakapan lintas agama. Mungkin ini dimaksudkan agar tidak terjadi kesalahpahaman antar agama, sehingga lebih baik menghindari menggunakan salam seperti, Assalamualaikum, Om Swastyastu, Shalom, Wei De Dong Tian, atau Sotthi hotu.

Yang lebih parah adalah chat huruf p disalah artikan sebagai Assalamualaikum, karena penggunaannya diikuti dengan wr wb. Entah ya, ajaran sesat mana yang mengajarkan salam ini. The hell… semoga orang-orang tersebut mendapatkan hidayah.

Yayaya, setidaknya jika memang jempol malas untuk mengetik Assalamualaikun, mulailah percakapan dengan sapaan, seperti p (tanpa wr wb), hai, hallo, selamat pagi, cuaca hari indah ya, dan lain lain. Mengetik sapaan itu tidak sesusah mengetik salam yang harus “benar”.

Ada yang bilang bahwa p itu berarti punten atau permisi dalam bahasa Sunda. Dikatakan, teori inilah yang paling mendekati kebenaran dari p. Bentar, cocoklogi darimana ini? Masa iya, kata p (dibaca pe) dapat berarti punten yang jika disingkat harusnya pu.

Chat huruf p ini juga dapat digunakan untuk bomb orang yang cuek. Di sini, p bisa berarti bahwa sebuah perintah yang seakan-akan harus segera melihat chat. Hal ini merupakan perilaku yang tidak terpuji, apalagi jika orang yang dituju sedang sibuk push rank.

Intinya, di dunia ini, khususnya Indonesia, orang-orang cenderung memilih chat huruf p doang daripada mengetik sesuatu yang dimaksud secara lengkap. Walaupun tidak dijelaskan apa maksud dari chat huruf p, kita dan lawan chat dapat memahami apa yang dikarepkan.

Lalu, mengapa orang-orang lebih suka mengunakan huruf p daripad huruf abjad lainnya? Ini karena huruf p pada keyboard lebih dekat dengan jempol tangan kanan, yang juga dekat dengan tanda kirim di kebanyakan aplikasi chat.

Bayangkan saja jika ingin SOS yang secepat cahaya, kita dapat memencet huruf p saja lalu memencet tombol kirim secara cepat, ini sudah di luar kepala. Memang menghemat waktu dan lebih praktis daripada mengetik beberapa huruf.

Sebelumnya, kita kembali ke kalender 2010-an. Ponsel pintar tergolong sangat mahal, tidak seperti ponsel pintar sekarang ini. Ponsel pintar pada masa itu kebanyakan merupakan golongan dari Blackberry dan Nokia Symbian. Pada masa itu juga, Black Berry Messenger (BBM) sedang dalam puncak masa keemasannnya.

BBM memberikan segudang fitur yang memudahkan penggunanya untuk saling berkomuniasi. Orang akan terlihat mewah jika sudah menggunakan BBM. Kita bisa chatting gratis di mana pun dan kapan pun tanpa memikirkan yang namanya pulsa.

Dari BBM inilah kemungkinan asal-usul chat huruf p muncul. Jika pernah menggunakan BBM, kita tahu bahwa hanya BBM yang memiliki fitur “PING!!” untuk memanggil lawan bicara yang tidak kunjung membalas atau sekedar iseng.

Fitur PING ini bisa diakses lewat sebuah shortcut keyboard hanya dengan mengetikkan huruf p saja. Setelahnya, otomatis sebuah chat PING akan terkirim. Tidak dapat dipungkiri bahwa fitur PING dari BBM ini sangat inovatif dan membantu.

Saking terkenalnya fitur PING, kebiasaan ini tidak dapat dihilangkan seperti sudah mendarah daging bahkan setalah BBM hilang ditelan Bumi. Tetapi, sayangnya fitur ini tidak ada di aplikasi chat lainnya. Ini karena dinilai dapat mengganggu kenyamanan lawan bicara yang menerima pesan.

Kembali ke masa sekaarang. Tidak masalah kamu atau siapapun mengirim chat huruf p saja. Sebenarnya tidak ada kata baku yang menjelaskan apa sih arti dari p sesungguhnya. Ya, makna dari chat huruf p itu tergantung dari situasi dan kondisi yang sedang dialami.

Sudah kukatakan bahwa walaupun hanya sebuah huruf p, kita sebagai pelaku dalam sebuah chat dapat memahami secara tersirat apa yang dimaksudkan. Hampir miriplah sama kode morse yang diajarkan di saat kegiatan yang lumayan dibenci, pramuka.

Bedanya tidak ada tolak ukur yang sudah ditetapkan. Kita dan lawan chat pasti tahu lah ya apa yang dimaksud dalam sebuah huruf p atau beberapa spam p. Seolah-olah kita mempunyai kekuatan telepati dan lawan chat juga mempunyai kekuatan telepati.

Walaupun lawan chatnya beda frekuensi, tidak tahu kenapa kita tetap saja dapat mengerti apa yang dimaksud dalam sebuah huruf p, entah itu sedang salam, bomb, sapaan, punten, papa, paman, apa kabar, dan hal yang berbau negatif.

Menggunakan chat huruf p tidak boleh dilakukan ke sembarang orang. Usahakan menggunakannya kepada orang yang memang benar-benar akrab terhadap kita. Takutnya nanti dia (sembarang orang) ngambek dan tidak membalas chat kita atau yang lebih buruk kita dapat kiriman santet online.

Apalagi jika ingin melamar pekerjaan atau memberi salam terhadap guru di WhatsApp. Kalau ini sudah keranah kurang ajar. Mau melamar kerja kok tidak ada sopan-sopannya, jangankan dibales, dilihat saja kemungkinannya sangat kecil.

Terhadap guru seharusnya lebih sopan, karena guru kita adalah orang yang sangat mulia dan tidak lanyak mendapatkan chat huruf p saja. Pastikan awali percakapan dengan salam yang benar dan dilanjutkan dengan perkenalan diri.

Dan juga jangan sekali-kali chat huruf p (yang berarti salam) kepada orang-orang yang agamis. Karena aku sudah mengalaminya sendiri. Bagaimana tidak, aku pernah memberi salam dengan hanya menggunakan p, tetapi malah dijawab wa’alaikumusalam? Sontak aku bernyayi lagunya Linkin Park, “What I’ve Done”.

Bagi aku pribadi, nggak masalah menggunakan chat huruf p kepadaku. Menurutku, hal tersebut memanglah wajar mengingat warga negara kita memang seperti ini. Nggak mungkin aku marah-marah karena sebuah huruf p, sepele banget untuk dijadikan alasan naik darah.

Dibawa santai saja ma fren. Selalu berpikir positif bahwa pengirim chat huruf p itu sedang terburu-buru menggapai mimpinya. Tidak perlu nge-judge bahwa mereka adalah orang-orang yang kurang pendidikan dan asupan adab.

Tidak perlu menjadi orang yang paling suci dengan selalu menegur siapapun agar tidak menggunakan chat huruf p. Tidak perlu juga memberi saran kepada mereka, karena meraka mungkin akan tersinggung. Jadi, biarkan seperti air yang mengalir.

Memang, sebagian orang juga tidak dapat menghindari bahwa chat huruf p terkesan menyebalkan, bikin gemes, dan tidak sopan. Kalau nggak terima dari perilaku chat huruf p ini memang wajar. Tetapi, tidak perlu baper segala.

Sudah beberapa kali diingatkan, bahwa internet itu tempat yang keras untuk kamu yang berhati kecil! Yang terpenting untuk saat ini adalah chat huruf p tidak akan dimasukkan ke penjara. Dan pemerintah belum mengeluarkan UU tentang chat huruf p.

 

Tinggal Balas Balik P Apa Ribetnya, sih?

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *